Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    Sambutan Ketua HEPI Pusat

    dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Konferensi Himpunan Evaluasi Pendidikan  Indonesia (HEPI) di Bandar Lampung 29-30 januari 2011

     Assalamualiaikum Wr. Wbr.

    Bapak/Ibu/Sdr/i tamu undangan dan para peserta seminar nasional pendidikan dan konferensi HEPI yang berbahagia. Bersyukur kita pada hari ini dapat ber­kum­pul di tanah Lampung Sang Bumi Ruwa Jurai dalam rangka penyeleng­gara­an konferensi HEPI.

    HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan. Tujuan organisasi ini adalah menghimpun sumber daya untuk mengembangkan tenaga dan pikiran bagi pengem­bang­an bidang pengukur­an dan evaluasi pendidikan sebagai upaya pe­ningkatan mutu pendidikan.

    Peran HEPI dalam peningkatan mutu pendidikan antara lain: (a) meng­him­pun para ahli, praktisi, mengamat, peminat yang membina, mem­pe­la­jari dan me­ngem­­bang­kan evaluasi pendidikan; (b) mengadakan pertemuan dan penelitian ilmiah di bi­dang evaluasi pen­di­dik­an; (c) melakukan publikasi ilmiah dalam bi­dang evaluasi pendidikan; (d) membangun media komuni­ka­si dalam bidang eva­lua­si pendidikan; (e) melaksanakan berbagai kegiatan layanan di bidang evaluasi pendidikan; (f) men­ja­lin hubungan kerjasama dengan organisasi dan lembaga lain; (g) meningkatkan kualitas dan kuanti­tas sumber daya dalam bidang evaluasi pendidikan.

    Dalam kiprahnya sebagai organisasi profesi, HEPI selalu mengundang dan be­kerja sama dengan dinas/instansi/institusi dan organisasi profesi pendi­dik­an lain­nya. Oleh kare­na­nya HEPI menyadari sepenuhnya, bahwa mem­ba­ngun jejaring (net working) dalam kerangka peningkatan mutu pendi­dik­an harus selalu dilaku­kan dan diutamakan. Selain itu, HEPI juga memposisi­kan diri sebagai mitra yang selalu  dapat menjalin kerjasama kemitraan untuk mening­kat­kan mutu dalam pe­nye­lenggaraan pendi­dik­an. Mengingat pendi­dik­an merupakan instrumen yang penting dan bernilai strategis dalam trans­for­masi peradaban masyarakat dan bangsa,  maka pendidikan yang bermutu perlu terus diupayakan oleh semua pihak.

    Berdasarkan paparan di atas, maka rumusan hasil Kongres II HEPI di UIN Jakarta pada Bulan Januari Tahun 2010, telah merekomendasikan perlunya penye­leng­ga­raan agenda tahunan berupa kegiatan konferensi nasional HEPI. Konferensi nasional HEPI yang pertama ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 29-30 Januari 2011 di Bandar Lampung, dengan lingkup kegiatan terdiri dari seminar nasional pendidikan, diskusi organisasi, pelatihan analisis konstruk instrumen, dan rapat koordinasi pengurus.

    Semoga melalui kegiatan konferensi ini terfasilitasi wahana untuk memecahkan permasalahan implementasi stan­dar penilaian dalam kerangka pencapaian standar nasional pen­di­dik­an; tersosialisasikan  dan terdiseminasikannya hasil-hasil penelitian pendi­dik­an, khususnya dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan, serta terbangunnya soliditas dan sinergitas organisasi HEPI dalam kerangka men­du­kung terwujudnya pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan ber­mar­tabat.

    Akhirnya kami berharap, semoga kegiatan seminar nasional dan konferensi HEPI berjalan lancar dan bermanfaat sesuai dengan yang diharapkan kita semua.

     

    Bandar Lampung, 29 Januari 2011

    Ketua Umum HEPI Pusat,

     

    ttd

     

    Bahrul Hayat, Ph.D