Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    WELCOMING DINNER HEPI Satukan keakraban dan kekeluargaan

    Ketika jarum jam menunjukkan angka 19.30, Jumat (14/12/2012) para pengurus dan anggota  HEPI Pusat/Unit Koordinasi Daerah (UKD), undangan, dan peserta konferensi ilmiah dan seminar nasional telah memenuhi ruangan di lantai 10 Hotel Novotel Surabaya. Di sana telah disiapkan “Welcoming Dinner”  untuk mengawali kegiatan konferensi dan seminar nasional dengan tema  “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa”.   Diantara undangan yang hadir adalah Rektor dan Pembantu Rektor Bidang Akademik UNESA, Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

     

    Dalam suasana yang penuh keakraban dan kekeluargaan, para peserta saling beramah tamah dan bertukar informasi.  Mereka datang dari Aceh hingga Papua dan representasi dari berbagai institusi.  Pada malam itu, posisi, jabatan, status sosial, dan atribut lainnya melebur dan menjadi satu, yaitu keluarga besar HEPI. Pakaian batik dengan berbagai motiv dan corak yang dipakai mayoritas undangan juga menggambarkan  kebersamaan dan keakraban, selain menggambarkan kebanggaan terhadap budaya asli tanah air Indonesia. Hiburan live music semakin memeriahkan suasana jamuan makan malam  sambil melihat pemandangan kota Surabaya di tengah malam dari lantai 10 Hotel Novotel. Keakraban dan kebersamaan tersebut semakin terasa pada saat peserta ikut menyanyikan lagu pihan mereka. Pesan yang yang tersurat dan tersirat dari acara itu adalah melalui wadah organisasi profesi HEPI mari kita satukan keakraban dan kekeluargaan.

     

    Muchlas Samani Rektor UNESA menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas kerjasama HEPI dengan UNESA dalam penyelenggaraan konferensi ilmiah dan seminar nasional kali ini. “Semoga kerjasama seperti ini memberikan manfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang penilaian, pengukuran, dan evaluasi pendidikan sesuai dengan visi dan misi asosiasi profesi ini”, ungkap Rektor yang pernah menjabat sebagai salah satu Direktur di DIKTI Kemdikbud tersebut.

     

    Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum HEPI Bahrul Hayat  menyampaikan bahwa telah menjadi program tahunan HEPI untuk menyelenggarakan Konferensi Ilmiah. “Konferensi ilmiah tahun ini mestinya diselenggarakan di Makassar Sulawesi Selatan, tetapi karena alasan tertentu, akhirnya diselenggarakan di Surabaya bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA)”, ungkapnya Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI seraya menambahkan idealnya konferensi ini dilaksanakan pada pertengahan tahun. (BangS).