Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    REKOMENDASI KONFERENSI ILMIAH HEPI 2013 DI MANADO

     

     

    1. Seiring dengan meningkatnya anggaran pendidikan dan implementasi Kurikulum 2013, akuntabilitas  dalam bidang pendidikan merupakan suatu keharusan. Akuntabilitas   penyelenggaraan pendidikan tidak hanya dengan melaksanakan apa yang harus dilakukan, tetapi juga harus diorientasikan kepada terwujudnya lulusan yang bermutu.

     

    1. Pemerintah selain berkewajiban memberikan akses pendidikan  juga berkewajiban meningkatkan  mutu pendidikan. Akses pendidikan harus disertai dengan peningkatan mutu pendidikan, jika tidak  maka akan menghasilkan lulusan yang tidak kompeten dan  berdaya saing.

     

    1. Reformasi peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan membuat standar nasional pendidikan. Dalam konteks pendidikan nasional, ujian nasional merupakan sub sistem pendidikan yang berfungsi sebagai  instrumen yang mendorong peserta didik dan pendidik untuk meningkatkan semangat belajar dan mengajar.

     

    1. Saat ini tidak lagi relevan untuk memperbincangkan perlu tidaknya Ujian Nasional (UN) dilaksanakan, tetapi  isu yang lebih strategis untuk diperbincangkan adalah bagaimana meningkatkan  kredibilitas, aksebtabilitas, dan kualitas penyelenggaraan UN melalui perbaikan manajemen, metode, dan teknologi penyelenggaraan UN.

     

    1. Untuk perbaikan penyelenggaraan UN diperlukan lembaga yang benar-benar independen dan profesional. Untuk itu Pemerinth harus membentuk lembaga yang independen dan profesional untuk melaksanakan UN. Selain itu, pelaksanaan UN harus didukung oleh masyarakat, Pemerintah Daerah, dinas pendidikan, guru, orang tua, dan siswa dengan tujuan agar hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

     

    1. Implementasi dan hasil UN harus dievaluasi secara periodik untuk mengetahui kredibilitas dan tingkat pencapaiannya. HEPI sebagai asosiasi profesi dalam bidang evaluasi pendidikan memiliki Unit Koordinasi Daerah (UKD) yang anggotanya memiliki kompetensi dalam bidang pengukuran, pengujian, dan evaluasi. Untuk itu HEPI dapat membantu Pemerintah dalam mengevaluasi pelaksanaan UN dan menganalisis hasil UN untuk peningkatkan mutu pendidikan.

     

    1. Keberhasilan peningkatan mutu pendidikan ditentukan oleh para pendidik atau guru yang mengelola proses pembelajaran. Kualitas kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran termasuk penguasaan bahan ajar dirasa kurang. Untuk itu Pemerintah harus merancang program pelatihan yang benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sampai jaminan implementasi  hasil pelatihan.

     

    1. Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk sekolah/madrasah, pendidikan tinggi, dan pendidikan nonformal memiliki tugas melakukan akreditasi satuan pendidikan dasar dan menengah, lembaga pendidikan nonformal,  atau program studi di perguruan tinggi. Dalam hal ini HEPI akan melakukan kerjasama dengan BAN  dalam pembentukan  Lembaga  Akreditasi Mandiri (LAM).