Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    BAHRUL HAYAT LANTIK PENGURUS HEPI JABODETABEK

    Bahrul Hayat Ketua Umum Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) melantik Pengurus HEPI Unit Koordinasi Daerah (UKD) Jabodetabek Periode 2014-2017 di kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada hari Sabtu, 8 Maret 2014.  Ketua Umum HEPI UKD Jabodetabek adalah Prof. Dr. Yetti Supriyati didampingi oleh Prof. Dr. Gaguk Margono, M.Ed, Dr. T. Ramli Zakarian, dan Dr. Kadir masing-masing sebagai Ketua I, II, dan III. Sedangkan sebagai Sekretaris adalah Dr. Wardani Rahayu, M.Si.

     

    Bahrul Hayat dalam sambutannya mengatakan bahwa HEPI  merupakan  organisasi profesi yang murni akademik dan tidak ada hubungannya dengan politik.

      

    “Sejak dibentuk pada tanggal 19 November 2000 di Yogyakarta sampai saat ini, HEPI tetap bersifat independen dan profesional sebab HEPI merupakan organisasi profesi yang murni akademik. Tidak ada hubungannya dengan politik atau kepentingan tertentu”, ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Agama seraya menambahkan  Konferensi Ilmiah Nasional HEPI tahun 2014 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2014 di Bali.

     

    Selain pelantikan pengurus, juga diadakan Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan dengan tema "Implementasi Standar Penilaian dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013". Acara seminar dilaksanakan oleh Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana UNJ.

     

    Pembicara utama adalah Prof Dr. Yetti Supriyati, M.Pd dosen UNJ dan Prof. Dr. Khumaidi, M.Pd dosen UMS sekaligus sebagai Wakil Ketua HEPI Pusat. Sebagai keynote speaker adalah Prof Dr. Djaali Direktur Pascasarjana UNJ.

     

    “Semestinya yang menjadi Keynote speaker adalah Prof Dr. Syawal. Gultom, M.Pd.  Namun karena beliau ada acara mendadak, maka diwakilkan kepada Prof Djaali”, ungkap panitia seminar.

     

    Wardani Rahayu Ketua Panitia Seminar, dalam sambutannya melaporkan peserta seminar berjumlah  266 orang  dengan rincian 185 peserta non-pemakalah dan  81 orang pemakalah termasuk seorang pemakalah dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).  Peserta non pemakalah berasal dari  16 provinsi di Indonesia, termasuk dari Papua.

     

    Sementara itu Direktur Pascasarjana  Prof Dr. Djaali mengharapkan dengan dibentuknya pengurus HEPI Jabodetabel dapat memperkuat kemampuan para guru melakukan penilaian dalam pelaksanaan Kurikulum 2013.

     

    Sebagai organisasi profesi, Hepi memiliki tanggungjawab moral untuk mendukung prpogram pemerintah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Meskipun kurikulum 2013 menghadapi banyak tantangan, kita optimis tantangan ini dapat diatasi", ucap  Djaali yang terpilih menjadi Rektor UNJ periode 2014-2018 dalam pemilihan rektor beberapa minggu yang lalu. (BangS)