Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    Profil

    Latar Belakang
    Dalam era globalisasi saat ini, profesionalitas dalam setiap bidang merupakan kebutuhan yang sangat urgen untuk memenuhi tuntutan dunia kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Profesionalitas bahkan telah merupakan upaya yang dibangun oleh setiap bidang keahlian yang kompetensinya telah melewati batas negara. Ke depan kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional dalam berbagai bidang menjadi keniscayaan yang tidak bisa dihindari baik di dunia swasta maupun organisasi pemerintah.
    Dalam mengembangkan profesionalitasnya setiap orang yang memiliki keahlian dalam bidang yang sama menghimpun diri untuk membentuk asosiasi atau organisasi profesi. Organisasi tersebut bertujuan untuk menjadi forum atau wadah sharing pengalaman dan pengetahuan di bidangnya sebagai upaya self professional development. Disamping itu organisasi tersebut juga sering kali berperan sebagai forum untuk mengikatkan diri demi menjaga profesionalitas dan integritasnya melalui kode etik yang dibangun bersama dan sebagai institusi yang diberi peran untuk mengendalikan dan melaksanakan uji profesi sesuai dengan bidangnya.
    Pembangunan pendidikan sebagai salah satu program yang menjadi prioritas bagi setiap negara mensyaratkan adanya sistem pengendalian, penilaian, dan penjaminan agar pelayanan pendidikan benar-benar bermutu sesuai standar yang bersifat nasional maupun global. Keahlian di bidang evaluasi, asesmen, dan pengukuran pendidikan kini telah menjadi kebutuhan di dunia pendidikan baik untuk tingkat mikro di sekolah maupun pada tataran makro sebagai suatu sistem pendidikan secara nasional. Bahkan beberapa negara telah melakukan program bersama untuk memantau mutu pendidikan secara periodik seperti yang dilakukan oleh Third International Mathematics and Science Studies (TIMSS) dan Program for International Student Assessment (PISA).
    Dalam upaya mengembangkan dan membangun profesionalitas di bidang evaluasi, asesmen, dan pengukuran pendidikan di Indonesia telah terbentuk Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) pada tanggal 19 November 2000 di Jogjakarta yang dideklarasikan oleh para pakar di bidang tersebut. HEPI adalah organisasi profesi yang menghimpun para ahli, praktisi, dan peminat di bidang evaluasi, asesmen, dan pengukuran pendidikan, psikologi, dan ilmu sosial lainnya. HEPI juga terbuka bagi siapa saja yang memiliki perhatian terhadap bidang tersebut dengan latar belakang pendidikan yang tidak dibatasi. Diharapkan melalui HEPI para anggota di bidang ini dapat mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai profesional. Kehadiran HEPI juga diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi upaya peningkatan mutu pendidikan nasional melalui program dan kegiatan evaluasi, asesmen, penelitian, dan pengukuran pendidikan yang bermutu.
    Visi
    Menjadi organisasi profesi yang unggul dalam bidang evaluasi dan pengukuran pendidikan di Indonesia.
    Misi

    1. Mengembangkan sistem evaluasi dan pengukuran dalam bidang pendidikan.
    2. Melakukan kajian dan penelitian dalam bidang evaluasi dan pengukuran pendidikan.
    3. Melakukan pelatihan, seminar, penerbitan, dan kegiatan ilmiah lainnya dalam bidang evaluasi dan pengukuran pendidik

    Strategi dan Program
    Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, HEPI menetapkan empat divisi yang akan menjadi motor penggerak program dan kegiatan selama tiga tahun ke depan. Keempat divisi tersebut adalah (1) Divisi Penerbitan dan Publikasi, (2) Divisi Kerjasama, Layanan dan Temu Ilmiah, (3) Divisi Penelitian dan Pengembangan, dan (4) Divisi Pengembangan Organisasi. Masing-masing divisi memiliki program kerja yang jelas dan terukur sebagai berikut
    Divisi Penerbitan dan Publikasi

    1. Menerbitkan jurnal ilmiah di bidang evaluasi, asesmen, dan pengukuran pendidikan.
    2. Menerbitkan Proceeding hasil kegiatan ilmiah.
    3. Mengembangkan dan mengelola website.
    4. Menerbitkan news letter/Info HEPI secara periodik.
    5. Membuat mailing list pengurus dan anggota HEPI.

    Divisi Kerjasama, Layanan, dan Temu Ilmiah

    1. Menyelenggarakan pertemuan ilmiah tahunan
    2. Melaksanakan pelatihan dalam bidang evaluasi, asesmen, pengukuran, dan statistika.
    3. Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi/lembaga penelitian di dalam dan luar negeri.

    Divisi Pengembangan Organisasi

    1. Membuat database anggota HEPI.
    2. Melakukan rekrutmen anggota baru dari lulusan perguruan tinggi.
    3. Mengembangkan unit koordinasi organisasi di daerah.
    4. Mengembangkan sumber pendanaan organisasi.

    Divisi Penelitian dan Pengembangan

    1. Melakukan kajian dan penelitian dalam bidang evaluasi, asesmen, pengukuran pendidikan.
    2. Melakukan pengembangan metodologi dan aplikasi di bidang evaluasi, asesmen, pengukuran pendidikan.

    Kepengurusan Organisasi Periode 2010-2013

    Dewan Penasehat:

    Jahja Umar, Ph.D
    Prof. Dr. Azmawi Zainul
    Prof. Djemari Mardapi, Ph.D
    Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA
     

    Ketua Umum:

    Bahrul Hayat, Ph.D
     

    Ketua:

    Dr. Nugaan Yulia Wardhani S., M.Psi.
    Prof. Kumaidi, Ph.D

    Skeretaris:

    Bambang Suryadi, Ph.D
    Suprananto, M.Ed.
     

    Bendahara:

    Rahmawati, M.Ed.
    Miftahuddin, M.Si

    Divisi Penerbitan dan Publikasi:

    Dr. Samsul Hadi (Koordinator)
    Bastari, Ph.D
    Dr. Maria J Wantah
    Prof. Dr. Wayan Koyan
     

    Divisi Kerjasama, Layanan dan Temu Ilmiah:

    Dr. Heri Retnawati (Koordinator)
    Dr. Undang Rasyidin
    Etty Rahmawati, M.Si
    Salasih, M.Pd
     

    Divisi Penelitian dan Pengembangan:

    Burhanuddin Tola, Ph.D (Koordinator)
    Hari Setiadi, Ph.D
    Prof. Dr. Furqon
    Urip Purwono, Ph.D
     

    Divisi Pengembangan Organisasi:

    Dr. Badrun Kartowagiran (Koordinator)
    Prof. Dr. Ekoharyadi
    Prof. Dr. Mansyur
    Sugito, M.Si
     

    Sekretariat:

    Lilis Windiarti, SE